Tips Memilih Processor

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer bisa dilihat dari gencarnya dua vendor besar yaitu Intel dan AMD mengeluarkan jajaran processor mulai dari singlecore sampai 8 core. Masing-masing processor mempunyai kecepatan yang berbeda-beda, namun muncul pertanyaan apakah kecepatan menjadi faktor utama dalam memilih sebuah processor?
Hal ini selalu menjadi pertanyaan dari user yang masih merasa bingung dalam menentukan pilihannya. Berikut akan berikan beberapa tips dalam memilih processor ;
Ada beberapa beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan yaitu:
1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Ini merupakan hal basic yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih karena produk yang dirilis oleh masing-masing vendor sudah dibagi ke dalam kelompok/kelas, seperti misalnya; Standar Office cukup menggunakan Processor Singlecore dengan alasan hemat daya serta hanya digunakan untuk mengerjakan rutinitas office dan browsing internet jadi tidak dibutuhkan kecepatan yang terlalu tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kemudian Gaming lebih dibutuhkan Processor yang lebih cepat dan responsif misalnya Dualcore hingga Quadcore.
2. Sesuaikan dengan budget (dana) yang tersedia
Dana merupakan salah satu hal yang paling mempengaruhi kita dalam menentukan Processor jenis mana yang akan kita beli, karena terkadang kita menginginkan teknologi dan terbaru dan tercepat yang ada saat ini namun apa daya apabila tidak didukung oleh jumlah dana yang tersedia. Maka dari itu tentukan dulu jenis aktifitas yang akan dilakukan dalam memilih proc seperti dijelaskan diatas maka kita akan dapat menyesuaikan antara kebutuhan dan dana yang tersedia sehingga tidak mungkin memaksakan diri memilih yang tercepat padahal kebutuhan dan dana tidak sampai sejauh itu. Dan satu lagi catatan bahwa teknologi selalu berkembang , yang tercepat saat ini bukan berarti yang tercepat di waktu yang akan datang.
Selamat berburu processor.... smoga tulisan sederhana diatas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan yang tepat dalam memilih...